PENGENALAN PREPARE BUMN

28 Oktober 2017 11:24:28
Pengumuman, Lain-lain

Jumat pagi hingga siang itu, 27 Oktober 2017 dilaksanakan acara Pengenalan Program Evaluasi Peraturan Menteri (PREPARE) BUMN, bertempat di Hotel Santika Bogor. “Ini semacam soft Launching,” ujar Wahyu Setyawan, Kepala Bagian Peraturan Perundang-undangan Kementerian BUMN. Sekitar 50 orang hadir dalam kegiatan tersebut, yang berasal dari 25 BUMN dan pejabat Kementerian BUMN. Antara lain hadir Pak Bastian, Kepala Biro Hukum dan Pak Andus Asdep Teknologi Informasi

Bastian, Kepala Biro Hukum Kementerian BUMN dalam pengantarnya menyatakan bahwa PREPARE BUMN ini adalah program inisiatif Kementerian BUMN yang dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi BUMN untuk terlibat dalam mengevaluasi peraturan Menteri BUMN yang ada saat ini. “Program ini dalam rangka akselarasi pelaksanaan tugas dan fungsi Biro Hukum Kementerian BUMN dalam melakukan pengkajian, evaluasi dan singkronisasi Peraturan Menteri BUMN,” ujar Bastian.

Wahyu Setyawan menyatakan, dengan PREPARE BUMN ini diharapkan peraturan yang ada dapat berjalan secara efektif dan efisien. “Juga diharapkan akan menghasilkan simplifikasi Peraturan Menteri BUMN,” katanya.  Ada berbagai hasil konkret PREPARE BUMN ini: berupa pencabutan peraturan, perubahan peraturan, penyusunan kembali dalam satu naskah, kodifikasi, penguatan dengan peraturan yang lebih tinggi atau penggantian dengan kebijakan. “Metode evaluasi dilakukan melalui inventarisasi permasalahan, perumusan simpulan dan perumusan rekomendasi,” jelas Wahyu. Secara teknis, jabaran dari inventarisasi tersebut adalah melakukan penilaian dengan dimensi kesesuaian jenis, hirarkhi dan materi muatan, kejelasan rumusan, materi muatan, potensi disharmonisasi pengaturan serta memperhatikan efektifitas implementasi.

Partisipasi BUMN, khususnya yang menjadi pejabat hukum di masing-masing BUMN, sangatlah diharapkan. Untuk itu, kontak di masing-masing BUMN agar didaftarkan untuk selanjutnya diaktifasi, dan kegiatan PREPARE BUMN ini dilakukan di laman Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Kementerian BUMN. “Setiap evaluasi peraturan Menteri BUMN dari masing-masing pejabat Hukum di BUMN dapat berupa analisis yang juga dapat melampirkan dokumen pendukungnya,” kata Wahyu. Untuk uji coba program PREPARE BUMN ini akan dilakukan dari bulan November 2017 sampai Februari 2018. “Semoga setelah itu program ini akan dapat berjalan dengan baik,” ujarnya lagi. 

Dalam kesempatan itu, Annas Abdillah Marta, Kasubid Pengembangan Teknologi Informasi Kementerian BUMN menyampaikan teknis berpartisipasi dalam laman JDIH Kementerian BUMN. “Yang penting terdaftar dan diaktifasi, lalu login ke jdih.bumn.go.id, dan sampaikan reviu terhadap Peraturan Menteri BUMN,” jelas Annas. Annas pun menjelaskan langkah demi langkah melakukan reviu di fitur PREPARE BUMN di laman jdih Kementerian BUMN tersebut. “Apabila ada masalah atau keluhan dalam menggunakan fitur tersebut, silahkan menghubungi Helpdesk IT di email helpdesk.it@bumn.go.id,” kata Annas.

Semoga PREPARE BUMN ini dapat dimanfaatkan optimal yaa...[jdih.KemenBUMN]