Sosialisasi Website baru JDIH KBUMN

Sosialisasi Website baru JDIH KBUMN

Blog Single

Pada tanggal 11 Nopermber 2020 bertempat di Synergi Lounge Lt. 3 Kementerian BUMN diselenggarakan Sosialisasi Website baru JDIH Kementerian BUMN. Acara tersebut merupakan acara peluncuran perubahan wajah baru JDIH Kementerian BUMN sekaligus sosialisasi mengenai perkembangan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional yang disampaikan oleh Kepala Pusat Dokumentasi dan Jaringan Informasi Hukum Nasional BPHN, Drs. Yasmon, MLS, dan pengenalan feature baru dalam JDIH Kementerian BUMN oleh Asisten Deputi Bidang Peraturan Perundang-Undangan, Wahyu Setyawan, SH. LL.M.

Sosialisasi dilakukan kepada seluruh Badan Usaha Milik Negara yang dihadiri oleh wakil-wakil BUMN secara daring/virtual, Forum Hukum BUMN, dan kepada pejabat internal Kementerian BUMN. Bertindak sebagai moderator adalah Ketua Forum Hukum BUMN, yaitu Puji Hariyadi.

Acara Sosialisasi di buka oleh Sekretaris Kementerian BUMN. Dalam pembukaannya, Sekretaris Kementerian BUMN menyampaikan history singkat tersedianya Website JDIH Kementerian BUMN pada tahun 2016 dan apresiasi kepada BPHN atas bimbingan, kerja sama dan dukungan selama 4 tahun ini sehingga JDIH Kementerian BUMN dapat berkembang seperti saat ini. 

Kepala Pusat Dokumentasi dan Jaringan Informasi Hukum Nasional BPHN, dalam paparannya menyampaikan mengenai Perkembangan Terkini JDIH Nasional, antara lain sampai dengan saat ini koleksi hukum yang dikelola oleh JDIH Nasional berjumlah 310.906 yang terdiri dari produk hukum Pemerintah Pusat sebanyak 57.528, tingkat daerah 187.135, era kolonial 24.064, monografi hukum 15.871, artikel/majalah hukum 22.860, dan yurisprudensi 3.448. Saat ini telah terdapat 710 institusi/lembaga baik pusat maupun daerah yang telah memiliki Website JDIH sehingga akan sangat memudahkan publik untuk mencari produk-produk hukum secara online dan gratis. Kepala Pusat Dokumentasi dan Jaringan Informasi Hukum Nasional juga mengungkapkan perkembangan di daerah berupa JDIH masuk desa sehingga akan membuat warga desa lebih melek hukum.

Selanjutnya, Asisten Deputi Bidang Peraturan Perundang-Undangan menyampaikan paparan mengenai fitur yang ada di website terbaru JDIH Kementerian BUMN. Selain produk hukum yang dapat diakses beberapa fitur yang berbeda yang dimiliki JDIH Kementerian BUMN meliputi Prepare BUMN, Tim Kawal BUMN, Peraturan Direksi BUMN, dan dua bahasa. Prepare BUMN merupakan program evaluasi Peraturan Menteri BUMN yang merupakan sarana bagi publik, khususnya BUMN untuk dapat memberikan masukan atas Peraturan Menteri BUMN existing yang sedang menjalani evaluasi.  Kawal BUMN merupakan fitur dokumentasi perjanjian kerja sama dan permasalahan hukum antar BUMN, Peraturan Direksi BUMN merupakan fitur dokumentasi peraturan yang diterbitkan oleh BUMN dalam rangka melaksanakan Peraturan atau Kebijakan Menteri BUMN. Melalui fitur ini diharapkan antar BUMN dapat saling memahami kebijakan masing-masing BUMN dalam melaksanakan Peraturan Menteri BUMN. Sedangkan fitur dua bahasa berisi produk hukum yang telah diterjemahkan menjadi Bahasa Inggris. Untuk saat ini telah terdapat tiga peraturan yang telah diterjemahkan secara resmi menjadi Bahasa Inggris diantaranya UU Nomor 19 Tahun 2003 tentang BUMN.

Acara sosialisasi di tutup dengan berbagai masukan, tanggapan dan harapan bagi JDIH Kementerian BUMN di usianya yang telah memasuki 4 tahun baik dari internal, Forum Hukum maupun BUMN sebagai stakeholder utama JDIH Kementerian BUMN.