LAUNCHING PENINGKATAN MUTU SISTEM PENGADAAN BUMN

LAUNCHING PENINGKATAN MUTU SISTEM PENGADAAN BUMN

Blog Single

Kementerian BUMN dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang Kerjasama Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri di BUMN dan UMKM Mitra Binaan BUMN, dalam acara Launching Peningkatan Mutu Sistem Pengadaan BUMN, 9 September 2021.
MoU tersebut mencakup koordinasi sinergi tugas dan fungsi untuk peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) di BUMN dan Sertifikasi TKDN untuk Produk Industri Kecil Binaan BUMN. Sebanyak 6.213 UMK binaan dari 20 BUMN akan mendapat sertifikasi TKDN. Adapun UMK yang disertifikasi merupakan pelaku usaha uang mendapatkan pinjaman pendanaan dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN.
Selain penandatanganan MoU, dalam acara Launching Peningkatan Mutu Sistem Pengadaan BUMN tersebut, diluncurkan pula e-Procurement Academy BUMN dan Tender Info Terpusat. Dengan adanya e-Procurement Academy BUMN, diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas seluruh insan pengadaan di Kementerian BUMN, dan menjadi standarisasi proses pembelajaran sistem pengadaan di seluruh BUMN. TIdak hanya menjadi tempat belajar, e-Procurement Academy juga diharapkan dapat menjadi wadah sinergi, pusat informasi, edukasi dan sharisng knowledge bagi seluruh insan pengadadaan di BUMN. E-Procurement Academy ini akan dikelola oleh PLN Corporate University.
Tender Info Terpusat BUMN merupakan informasi tender seluruh BUMN berbasis web yang dapat diakses oleh seluruh vendor dan calon vendor BUMN secara online. Adanya informasi tender terpusat ini diharapkan dapat menjadikan BUMN semakin transparan, kerena tidak hanya informasi pengumuman tender, tetapi juga informasi pemenang tender menjadi lebih terbuka.

Sumber:
https://bumn.go.id/media/news/launching-peningkatan-mutu-sistem-pengadaan-bumn