Berita

Detail Berita
package-place
22 Jun 2023
Sosialisasi Peraturan Menteri BUMN tentang Pedoman Tata Kelola dan Kegiatan Korporasi Signifikan BUMN

Dengan diundangkannya 3 (tiga) Peraturan Menteri BUMN hasil penataan regulasi dan simplifikasi pada tanggal 24 Maret 2023, Keasdepan Bidang Peraturan Perundang-undangan Kementerian BUMN menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Peraturan Menteri BUMN terkait  Permen BUMN Nomor PER-2/MBU/03/2023 tentang Pedoman Tata Kelola dan Kegiatan Korporasi Signifikan BUMN. Kegiatan ini diselenggarakan tanggal 19-20 Juni 2023 di The Sultan Hotel & Residence Jakarta, yang dihadiri oleh pejabat satu tingkat di bawah Direksi (“BoD-1”) seluruh BUMN dan Anak Perusahaan BUMN. Lebih fokus lagi, Sosialisasi membahas substansi pedoman pengadaan barang dan jasa BUMN, prinsip tata kelola BUMN, penerapan manajemen risiko pada BUMN, perencanaan strategis dan pelaporan BUMN.

 

Hari pertama (19/06) sosialisasi tersebut dihadiri oleh BoD-1 BUMN di bawah portofolio pembinaan Wakil Menteri BUMN I. Kegiatan tersebut dibuka Wahyu Setyawan, Asisten Deputi Bidang Peraturan Perundang-undangan, yang berharap agar para BOD-1 BUMN yang hadir dapat memahami Peraturan Menteri BUMN, khususnya hal-hal baru dalam pengaturan BUMN.

 

Wahyu Setyawan sekaligus juga menjadi narasumber dalam pembahasan substansi terkait perencanaan strategis dan pelaporan BUMN. Narasumber kedua, Sukendar, Koordinator UU1 Kementerian BUMN memaparkan substansi pedoman pengadaan barang dan jasa BUMN. Narasumber ketiga, Redi Setiadi, Sub-koordinator UU2 Kementerian BUMN memaparkan mengenai prinsip tata kelola BUMN dan penerapan manajemen risiko pada BUMN.

 

Hari kedua (20/06) sosialisasi dihadiri BoD-1 BUMN di bawah portofolio pembinaan Wakil Menteri BUMN II. Narasumber hari kedua tersebut, Shinta Rahmasari, SubKoordinator UU1 Kementerian BUMN memaparkan substansi terkait pedoman pengadaan barang dan jasa BUMN. Pembahasan mengenai prinsip tata kelola BUMN dan penerapan manajemen risiko pada BUMN dibawakan oleh narasumber kedua, Bastian, Koordinator UU2 Kementerian BUMN. Adapun substansi terkait perencanaan strategis dan pelaporan BUMN dipaparkan narasumber ketiga, Rudi Rusli, Koordinator UU3 Kementerian BUMN.

 

Para peserta sosialisasi terlihat antusias dengan adanya sosialisasi tersebut. Hal tersebut terutama terlihat dalam sesi tanya jawab. Semoga pengaturan terbaru mengenai korporasi BUMN tersebut dapat menunjang peningkatan kinerja BUMN!

 

#BUMNUntukIndonesia

#JDIHKementerianBUMN

#SobatJDIHBUMN

Selamat Datang di Tanya Hukum BUMN
Isi Formulir Berikut untuk Mengajukan Pertanyaan.